Mengenal Lebih Jauh Daur Air Atau Siklus Hidrologi

Air merupakan salah satu komponen senyawa yang ada di permukaan bumi dengan rumus kimia berupa 2 atom hidrogen dan satu atom oksigen. Komponen ini memiliki fungsi sangat vital dalam kehidupan baik manusia maupun makhluk hidup lain. Keberadaan air termaktub dalam satu siklus yang dikenal dengan nama daur air. Tanpa air maka kehidupan yang ada di permukaan bumi akan musnah. Berikut beberapa informasi penting seputar siklus air.

Pengertian

Daur air adalah suatu proses biogeokimia yang terjadi secara terus-menerus melalui serangkaian proses perubahan wujud mulai dari cair, gas dan padat. Serangkaian proses ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah pergerakan angin. Hal inilah yang menyebabkan siklus air memiliki beberapa jangka waktu yaitu : pendek, sedang dan panjang.

Macam siklus air

Variasi siklus air memiliki 3 macam jangka yaitu: pendek, sedang dan panjang. Siklus pendek seringkali terjadi di wilayah pantai atau laut. Biasanya, air hujan yang turun juga terjadi di wilayah laut tersebut. Sedangkan jangka sedang dan panjang dipengaruhi oleh adanya faktor angin dan proses penguapan yang dilakukan oleh matahari.

 

Manfaat daur air

Pergerakan air secara terus-menerus dalam serangkaian proses memiliki manfaat bagi kehidupan manusia dan alam. Hal ini untuk menjaga ketersediaan air yang ada di muka bumi. Namun, kuantitas air di permukaan bumi relatif tetap. Pemanfaatan air digunakan untuk menjaga keseimbangan situasi lingkungan dan cuaca yang seringkali berubah.

Tahapan

Daur air memiliki beberapa tahapan dalam siklusnya meliputi, evaporasi, transpirasi, kondensasi, sublimasi, pengendapan, perkolasi dan limpasan. Berikut beberapa penjalan dari setiap istilah dalam siklus hidrologi.

  1. Penguapan

Tahapan penguapan meliputi evaporasi, transpirasi dan sublimasi. Evaporasi merupakan salah satu tahapan proses penguapan yang bersumber dari sungai, laut, danau dan lain sebagainya baik di daratan maupun lautan. Transpirasi merupakan proses penguapan air yang terkandung pada tumbuh-tumbuhan hasil proses fotosintesis sedangkan sublimasi merupakan salah satu tahapan penguapan tanpa melalui proses dalam bentuk cair. Hal ini dikarenakan uap air berasal dari uap kristal es yang berada di kutub-kutub bumi.

 

  1. Kondensasi

Tahapan ini berupa pengendapan uap air yang berubah menjadi kristal es. Proses perubahan gas menjadi zat padat ini merupakan tahapan pembentukan awan.

 

  1. Pengendapan

Proses presipitasi merupakan tahapan perubahan zat padat menjadi cair karena adanya kejenuhan air yang semakin besar dan pergesekan antara es dengan udara atmosfer.

 

  1. Perkolasi dan limpasan

Air hujan yang jatuh dari atmosfer, sebagian akan terserap ke dalam tanah maupun membentuk aliran di permukaan. Air yang membentuk aliran dinamakan dengan limpasan sedangkan air yang masuk ke dalam tanah dinamakan perkolasi maupun infiltrasi tanah.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>